Setelah peluncuran New Vixion di sini saya gak mau membicarakan sang new vixion lebih jauh tapi mau membahas nasib sang kakaknya ialah Scorpio atau biasa di sebut klingon, bernasib sperti Honda Tiger, Yamaha Scorpion ini belum mendapatkan sentuhan yang berarti dalam fitur” nya, Megapa Yamaha kelihatan enggan memperbaiki Line-up sport tertingginya, scorpio kalajengking yang tak sanggup menyengat itu? Dari tongkrongan saja terlihat seperti yang asal-asalan mendesain. Kita bisa melihat desainnya yang memiliki alur seperti Byson, tapi setelah perubahan disana sini malah desain si kuda besi ini menjadi aneh dapat dilihat dari shround yang terlewat besar, lampu rem belakan menyisakan ruang kosong yang lebar.
Yamaha scorpio adalah produk flagship dari yamaha indonesia, dengan kubikasi engine paling besar di jajaran motor Yamaha indonesia. Yamaha dulu meluncurkan Scorpio dan kemudian scorpio Z dengan maksud menggantikan RX-king sebagai raja jalanan. Sayang sekali, saat itu konsumen roda dua masih dominan dikuasai mindsed bahwa 4 tak sama dengan Honda . Artinya jika menginginkan motor 4 tak ya Honda. Sementara Yamaha masih ditempeli cap sebagai motor 2 tak cepat nan boros : F1-ZR, RX-Spesial, RX-king, YT-110, adalah jagoan-jagoan Yamaha yang masih berdiri kokoh saat Scorpio 4 Tak muncul. Scorpio muncul saat Honda Tiger sudah menjadi primadona motor 200 cc keatas. Desain neoclassic Tiger yang segaris dengan desain motor-motor Honda internasional seperti CB600 R misalnya, sulit dikalahkan oleh tampang Scorpio yang minimalis. Bahkan desain kalajengking Yamaha ini tidak lepas dari pengaruh desain motor-motor 2 tak Yamaha yang sudah ada, perhatikan headlamp kotak dan tangki BBM yang mirip dengan RX-king. Lalu perhatikan lagi buritannya yang hampir sama dengan bagian bodi belakang Force One dan motor bebek Yamaha lainnya : lampu sein yang menyatu dengan lampu belakang. Satu-satunya keunggulan Scorpio adalah rear suspensionnya yang bertipe monocross, tapi itu lagi-lagi saat itu dianggap sebagai kelemahan : kurang kuat dibandingkan dengan motor bersockbreaker stereo.
Facelift Scorpio jadi Scorpio Z dan akhirnya menjadi Scorpion Kingon masih tidak dapat menolong, kebanting lagi dengan perubahan desain Tiger yang semakin gagah dengan Tiger Revolution cruisernya. Scorpio gagal menggantikan kedigdayaan RX-king, gagal pula mengalahkan Honda Tiger kompetitor beratnya. Populasi sang 225 cc ini sangat sedikit banget malah jarang terlihat di jalanan dan parahnya lagi malah sering jadi bahan olok-olokan di sektor headlampnya itu yang sering disebut klingonatau yang terkenal ialah sok ambles nya itu yang melegenda, dll. Pihak Yamaha sampai saat ini hanya mem facelift Byson dan peluncuran New Vixion yang begitu meriah. Mungkinkah pihak Yamaha memang mengabaikan Scorpio atau hanya terfokus kepada Byson dan Vixion hingga melupakan sang Kalajengkin ini hingga merana?
Jika melihat suara biker satu persatu, mayoritas suka dengan desain lawas Scorpio dibanding dengan Scorpion Klingon . Body elegan, tanki cukup besar serta perawakan yang gampang dimodif membuat motor menjadi favorit biker yang doyan kecepatan. Selain itu untuk mendongkrak penampilan hanya dengan menambah adaptor monocross, ganti pelk, ban gambot, serta stang raiser maka wajah si kalajengking sudah ganteng layaknya supermoto bike
Ada baiknya jika yamaha mem facelift total scorpio ini dengan mamanggil Isao Sakato yang sukses men facelift vixion untuk membuat desain yang benar-benar fresh dan bertransformasi jadi 250cc untuk mengisi kelas naked bike 250cc yang masih sepi ini..
Kala jengking bukan njengking mlah ambles????
wkwkwkwk
kasihan
wkwkwk
wah mBak SPGnya ‘penampakan’…
wkwkwk
“sesuatu” kah? …wkwkwkwk 😉
xixixixi
waaahhh gw baru ngeh klo ada penampakan…
Scorpio disuntik mati aja…
Trs mesinnya ditempelin ke byson..
kl gini mantep tuh byson…
wahaha, betul tuh biar si kebo makin josss
boros dong
so pasti…
Menurut saya harusnya naik kelas ke 250
Jangan nanggung lagi
ia nih buat ngisi kekosongan di kelas naked bike250cc,,
Komen saya nyangkut di spam 😦
xixixi
Larinya lumayan jozzzz..
emang bro, tapi sayang bodinya itu loh…
dirumah ane pnya satu yg scorpio z…
tarikan sama dg rxking ringan dan meluap2.
sayang sparepart muahal buanget.. trutama sproket gear set nya.
meski sangat jarang trouble dan jarang banget masuk bengkel.
pemakaian selama 7 tahun bnr2 bikin puas, mahalnya sparepart ternyata dibayar dg tahan bantingnya sparepart tsb.
saringan udara yg cm busa aja smpe 200rb an, saringan oli catridge 98rb pdhal pnya vixion cm 35rb dan bentuknya sama persis shg ane selalu beli pnya vixion buat dipasang di scorpio, meski kata mekaniknya pnya pio lebih handal krn saringannya lebih halus.
memang scorpio z mantep tenaganya, sparepart terkenal awet..
sayang bodinya bro kurang maskulin..
Pinky
tiap kali liat nih motor bikin ngrasa gimana gitu. Aneh lah pokoknya. Gw tetep suka sama Vixion ketimbang Scorpio
betul gan cuma mesinnya aja yang jozz, desain bodinya kayak yang ngasal..
produk anak tiri yamaha 🙄 kl d honda cs1 sama tigor 😀
hahaha, udah mati suri malahan xixixi
Mending RX-King.Jijay ama neh motor!!!!
kalo bodinya di revisi lebih macho gmana bro?
Baik AHM dan YIMM sama2 menelantarkan flagship > 200 cc. Mau tau kapan keluar all new-nya? Sudah pasti saat rilis P200NS nanti
walaupun telat direvisi, tapi mereka sudah punya nama jadi tidak usah capek” promosi.. hhe
ini motor akan semakin redup masa depannya
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/tempat-dimana-honda-k18-berlabuh.html?m=1
kakakny berkorban dulu buat adik”nya xixi
kasihan kurang perhatian,..butuh belaian ajib
kalau di kasih belaian ajib, makin ajib nih wkwkwk
saya mau ambil new scorpio yang paling atas, asal dapat bonus yang naikin itu hahaha..
ga pake pikir jadul atau sesuatu lah xixiixxixi
wkwk, saya juga mau kalau gitu.. xixi
Berharap semoga setelah nasib adik2nya sukses, jangan dilupakan kakak yg turut merawat adiknya. 🙂
kakaky yang berkorban untuk adiknya…
[…] nih masib sang legenda di Indonesia? Tiger dan Kalajengking…. Karena eh karena motor legenda ini blum mendapat upgrade yang berarti untuk motor […]
kakanya mengalah nuggu adek bejo alm. 😀
wkwkwk
memang body bagus vixion,tpi di daerah saya vixion terlalu pasaran dan larinya masih sekelas bebek 110cc jupiter hehehehehe kurang manteb kl naik vixion.beda dengan scorpio z new cma main porting+vakum aja larinya udah bisa 160 malah tambah irit BBM.perawatan gampang gak kyak vixion dikit2 deler resmi buat servis.saya lebih suka scorpio z new body+mesin dan cc yg gede
Sepertinya Yamaha ogah-ogahan nih ngurusin Scorpio, sampe sekarang malah aneh bentuknya. Gw setuju klo Yamaha Indonesia memfokuskan perubahan total pada Scorpio, atau jangan2 malah Fazer yang dimasukin ke Indonesia? Fazer produk lama di Brasil dan India tuh. Sampe saat ini gw msh setia dengan Yamaha Scorpio tahun 2006 … Malah terlihat lebih enak dilihat ketimbang Yamaha Scorpio yang sekarang … Mohon pihak Yamaha bisa mendengar dan menindaklanjuti kemauan dari para pencinta Scorpio
apapun kata kafilah… pio tetep berlalu hehehe. Tadinya sy sempet ke pincut sama byson. Tapi pas disejejerin ini byson kok mirip pio yaa. Lalu baru nyadar tangki byson plastik, wah ini tanki ngak bisa ditempelin tank bag yg bermagnet nih. Lalu lihat desain vixion, kok pasaran banget sama cungkring, sudah banyak bener vixi mondar mandir dijalanan.
Lalu kembali lagi ke pio, kebetulan ini motor udah sy idam2kan dari dulu pas masih kere, tapi karena kemunculan byson maka saat itu tergoda juga sama byson… mempertimbangkan performa dan body yg mirip byson, dan harga yg beda beberapa juta doang tapi performa mesin pio yg oke…
maka akhirya sy ambil dah pio.
dan ternyata pilihan tidak mengecewakan. Bener ini handling motor enak banget. Temen yg bilang handling pio mirip honda gl pro ngak boong. Ringan buat nyelap nyelip macet jakarta. Lalu pas udah keluar macet buat ngasapin motor2 matic alay ngak ada yg bisa ngejar. Plus pernah dicoba balap2pan sama motor polisi gembrot (yg moge itu) gak tau dah merek tu motor apa. Dan ternyata bisa ngimbangin.
Nah coba kalau milih byson, dapat tankii plastik, tenaga dibawah pio, sama stang karena gendut jadi berat buat selap selip macet.
Ya baguslah jarang yg anggap pio itu oke…kan jadi smakin eksklusif alias kagak pasaran entu scorpio..hehehehhe
Kalau batok lampu aneh engak juga. Sepertinya desainernya mempertimbangkan kenyamanan bagi si rider dalam membaca panel speedometer, alias ngak terlalu jauh kebawah kayak posisi si byson
Ane pake pio klingon yg udah ga klingon lg, efek beberapa sentuhan mbah maestro, alasan beli motor ini hanya untuk tenaganya, dan murahnya, serta tidak indennya ditambah lg, setelah mendapat sentuhan dari simbah yg satu itu, makin ajib larinya dan tampangnya..
Terima kasihnya
*nb: next time Z800 kayanya maknyuusss 😀
When some one searches for his necessary thing, therefore
he/she wishes to be available that in detail,
therefore that thing is maintained over here.
vixion.. byson.. tiger.. ??? terserah lo .. gue tetep scorpioholic
tapi ntah kenapa saya tetep jatuh hati sama scorpio saya tahun 2004