Tips Safety Riding Pengendara Roda Dua

23 12 2012

safety-ridingApa sih safety riding itu..?, yup secara sederhananya pengertian safety riding adalah cara berkendara yang aman, nyaman, baik untuk dirinya sendiri, kendaraan yang dia gunakan ataupun untuk pengguna jalan lain dengan selalu mentaati peraturan lalu lintas yang berlaku. Pemahaman tentang safety riding wajib kita ketahui, khususnya buat yang mempunyai kendaraan. Kecelakaan memang tidak bisa dihindarkan karena disebabkan oleh banyak faktor. Namun dengan pemahaman dan pelaksanaan safety riding yang tepat, angka kecelakaan dapat ditekan.Berikut ini beberapa tips mengenai safety riding tersebut di antaranya :
Pengecekan Kendaraan
cek-motor-safety
Sebelum memulai mengendarai motor, yang pertama harus di perhatikan adalah kondisi motor, seperti keadaan tekanan ban, rantai, kaca spion, kondisi lampu, klakson dan lainnya. Semuanya harus dalam kondisi normal

Pakaian
pakaian safety
Pakaian menjadi hal yang sangat penting juga dalam safety riding, di antaranya pengendara harus memakai jaket (yah.. Supaya tidak masuk angin dan menjaga daya tahan tubuh), memakai sepatu, memakai celana panjang yang tebal, hal ini untuk menghindari atau meminimalkan kecelakaan yang parah. Selalu menggunakan Helm, awas jangan asal helm, tetapi helm yang bisa melindungi bagian kepala kita seperti helm SNI.

Berdoa
Selalu berdoa, sebelum kita memulai mengendarai motor, supaya kita terhindar dari apa yang kita tidak inginkan, dan selamat sampai tujuan.

Berada Di Jalur Kiri
jalur motor
Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah yang berlawanan. Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan. (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).

Berpindah Jalur
pindah jalur
Ketika kita hendak berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang kita tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya. Pengendara harus memperhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

Melewati Persimpangan
persimpangan
Ketika belok ke kiri atau ke kanan dipersimpangan sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak kita tuju kepada pengguna jalan yang lain. Sebelum berpindah jalur, pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu-lintas di sekitar kita (jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan)

Rintangan Di Jalan

jalan lubang
Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini. Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan kita, karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan.

Pejalan kaki yang menyeberang jalan
penyebrang
Kita sebagai pengendara, harus menghormati pejalan kaki , utamakanlah nomor satu buat pejalan kaki. Banyak pengendara yang selalu meremehkan pejalan kaki, contohnya pada saat lampu merah, kebanyakan pengendara melanggar batas garis putih ketika lampu merah, padahal batas tersebut hak pengguna jalan ketika mau menyebrang. Atau ketika jalanan macet, banyak pengendara motor yang mengambilalih fungsi jalan setapak/trotoar yang dikhususkan buat pejalan kaki, tetapi malah di pakai para pengendara motor, hal ini sangat membahayakan pejalan kaki.

Berkendara Dalam Pengaruh Minuman atau Obat-obatan
obat2
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (mis: minuman keras) dan obat-obatan (mis: yang menimbulkan kantuk ataupun obat-obatan terlarang), dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.

Berkendara Pada Malam Hari
malam hari
Sinaran lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari, oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.

Pengereman
rem
Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang, karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

Patuhi Rambu-rambu Lalu-lintas

rambu
Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan kita berkendara.

Mudah-mudahan tips yang sangat sederhana ini ada manfaatnya.


Aksi

Information

2 responses

22 01 2013
Kojack

apapun kondisinya,
safety comes first.
Salut tulisannya mas bro 🙂

24 01 2013
Trisna Ariwibawa

ok mas bro… xixi :mrgreen:

Tinggalkan komentar