Fungsi Spakbor pada motor

22 12 2012

spakbor belakang

Sebagaimana kita tahu fungsi utama dari pemasangan spakbor sepeda motor adalah untuk melindungi sang pengendara atau penumpang dari cipratan air apabila sedang hujan atau saat melewati genangan air. Dari sononya, desain spakbor pasti sudah mempertimbangkan faktor fungsi tanpa meninggalkan estetika.

 vixion-dipotongMungkin kita pernah melihat seseorang memotong atau melepas spakbor belakang dan saat ini juga banyak orang yang mengganti spakbornya nya dengan undertail yang tidak ada spakbornya walaupun ada ukuranya sangat kecil agar memiliki tampilan racy seperti motor balap.

vixion-vs Bila spakbor belakang dilepas akan berimbas air yang bercipratan kemana – mana tidak hanya ke penggendara itu sendiri tapi penggendara lain yang ada di belakangnya juga akan terkena imbas cipratan itu dan ini sangat menggangu pengendara lain. Yang awalnya ingin bertampilan racy akhirnya motor ini akan sangat kotor  karena air bercipratan kemana-mana dan mendapat bonus makian dari pengendara lainnya yang jengkel.  Jika dilihat, motor yang dipotong spakbor belakangnya akan kelihatan buntung. Jika itu motor kontes modifikasi mungkin tidak apa-apa. Lha kalo motor harian?

spakbor yang menjulang

Spakbor belakang terbuat dari bahan dari plastik yang sedikit elastis (tidak kaku) akan sangat berguna ketika kita berada di area parkir yang sempit . Posisinya lebih menjorok ke luar dibandingkan lampu belakang,jadi seandainya terjadi benturan, Sehingga lampu belakang tidak tergores atau pecah ketika bersenggolan dengan sepeda motor atau benda lainnya yang mengancam keamanan lampu belakang dikarenakan spakbor yang akan kena duluan sehingga lampu belakang akan lebih aman dari kontak benda lain.

Oleh karena itu mengganti atau memotong spakbor standar sepeda motor kita akan merugikan dan apa mereka tidak memikirkan pengendara dibelakangnya ketika hujan tiba. Bahkan jika berboncengan, maka kotoran roda belakang akan nyasar ke punggung boncenger dan tentunya akan mengurangi keamanan dan kenyamanan dalam bersepeda motor. Setelah melihat fungsinya masih mau memotong atau melepas spakbor belakang? Jadilah pengendara yang cerdas.

Spakbor Kolong

spakborbyson1Selain spakbor depan dan spakbor belakang, sekarang ini banyak juga pemilik sepeda motr yang menambahkan spakbor kolong pada tunggangan mereka. Baik itu sepeda motor tipe bebek atau tipe sport. Walaupun ada juga tipe motor yang sudah dilengkapi dengan spakbor kolong ketika keluar dari pabrik, sebut saja sepeda motor  jenis Jupiter MX, All New Vixion, Byson, Ninja 150 atau CBR 250. Yang menjadi primadona spakbor kolong ialah spakbor kolong Yamaha Byson karena memiliki bentuk yang macho (menurut ane), dapat menampung ban yg berprofil lebar ± 150 dan memiliki harga yang relatif  terjangkau.

spakbor byson di megy

Kebanyakan orang menambahkan spakbor kolong pada tunggangannya agar sepeda motor kesayanganya berpenampilanm lebih macho dan bagian kaki-kaki belakangnya lebih padat dan berisi berisi. Ada juga yang beralasan untuk melindungi sokbeker belakang motor agar terhindar dari kotoran dan cipratan air sehingga umur shockbreaker lebih tahan lama.


Aksi

Information

8 responses

23 12 2012
blacketel

josss

22 01 2013
Kojack

inget jaman dulu masih ABG,
Sempet motong spakbor juga…
Hahaha… kalau di inget sekarang malu sendiri

24 01 2013
Trisna Ariwibawa

wkwk, tidak ada kata terlambat untuk taubat… xixi :mrgreen:

24 01 2013
Kojack

sekarang kembali ke original 😀
udah lebih inget umur 😀

25 01 2013
Trisna Ariwibawa

inget anak juga ya…?? :mrgreen:

26 01 2013
Kojack

anak belom ada si mas bro.
Lebih sadar safety aja sekarang 😀

26 01 2013
Trisna Ariwibawa

inden ayo inden wkwk :mrgreen:
sip jangan jadi alay yo…

19 12 2013
edo

Mas bro, itu gambar paling bawan ban belakang merk n ukuran nya apa?

Tinggalkan komentar