FIM Revisi Regulasi MotoGP 2014, Pabrikan Boleh Diperkuat 4 Pembalap Bro….

30 07 2013

20130727RevisiRegulasiMotoGP2014Hai Bro… Penerapan regulasi 2 pembalap di tim pabrikan MotoGP pada tahun 2012, akhirnya kembali direvisi oleh otoritas terkait…  Diantaranya adalah FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) selaku badan tertinggi balap motor dunia, Dorna Sports (Penyelenggara MotoGP), IRTA (International Road Racing Teams Association) dan MSMA (Motor Sport Manufacture Association) untuk MotoGP 2014…
Pabrikan dibolehkan memasok 4 motor pabrikan ke 4 pembalap… Misalnya seperti tim Yamaha Factory dan Yamaha Tech3, manufaktur Yamaha dibolehkan memasok spesifikasi motor yang sama kepada 2 tim tersebut (4 pembalap)… Tentunya ini menjadi suatu kabar gembira, mengingat ada beberapa pembalap bertalenta besar seperti Cal Crutchlow dan beberapa lagi yang lainnya, punya talenta besar… Namun kesempatan untuk mencicipi motor pabrikan tidak pernah terjadi, karena terbatasnya kursi pembalap utama pada tim pabrikan…

Setelah adanya perombakan regulasi yang baru untuk musim depan, memungkinkan para pembalap bertalenta besar atau bahkan yang baru naik ke kelas MotoGP, berkesempatan memakai motor spek pabrikan… Sekarang tinggal tim pabrikan saja yang harus menyiasati kondisi tersebut… Lantaran memasok mesin yang sama kepada 4 pembalap pastinya butuh biaya yang lebih besar juga… Paling tidak harus ada pihak sponsor yang mau bekerja sama dengan tim untuk menjalankan misi mereka…

Dikutip dari otomotifnet :

Berikut rilis lengkap dari FIM tentang regulasi yang baru :

Regulasi tim privatir (pengganti CRT) :

–    Penggunaan ECU MotoGP, termasuk datalogger dan software resmi MotoGP adalah wajib.

–    Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 24 liter

–    Maksimal mesin per pembalap, per musim adalah 12 mesin.
Regulasi tim pabrikan dan tim satelit :

–    Semua pabrikan (termasuk manufaktur motor dan manufaktur rangka) bisa memilih untuk menurunkan 4 pembalap dengan status tim pabrikan.

–    Penggunaan ECU dari MotoGP adalah wajib. Pilihannya adalah manufaktur bisa pakai ECU sendiri, tapi pengembangannya dibatasi.

–    Maksimal mesin per pembalap, per musim adalah 5 mesin. Kecuali tim manufaktur yang baru akan masuk ke MotoGP, seperti halnya Suzuki untuk tahun 2015. Mereka dibolehkan menggunakan hingga 9 mesin per pembalap, per musim.

–    Kapasitas maksimal bahan bakar adalah 20 liter.

–    Mesin tidak boleh di desain ulang sepanjang musim kompetisi berlangsung, termasuk bentuk dan dimensi komponen yang ada di dalamnya. Regulasi ini tidak akan diberlakukan bagi tim manufaktur baru di tahun pertamanya berada di MotoGP

Iklan

Aksi

Information

5 responses

30 07 2013
romsnza

pertamac

30 07 2013
30 07 2013
orong-orong

wah nambah lagi boleh, asal kuat bayar pembalapnya

30 07 2013
masshar2000

mesinnya sama, tp gajinya ttp beda jauh.

31 07 2013
Aa Ikhwan

makin seru 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: