Mengatasi Baut Dol, Ada Caranya…

27 05 2013

20130523_MengatasiBautDol_1 Hai bro… Buat bikers yang suka utak-atik motor, kejadian ulir baut slek atau dol tentu menyebalkan… Terutama di bagian mesin. Buat penanganan cepat dan tepat agar motor bisa kembali beraksi, paling gampang mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar… 

Dikutip Otomotifnet:

20130523_MengatasiBautDol_2
Mudahnya, ganti baut ulir halus (ISO Metric) ke kasar (Amerika). Sudut ulir sama, tapi versi ISO Metric dengan milimeter. Sedang standar Amerika memakai ukuran inci.

Jadi, semisal baut ukuran 10 mm seperti yang dipakai di tutup gir depan jadi slek, bisa diganti baut ukuran 5/16 inci. Caranya, masukkan baut kasar ke lubang ulir yang rusak pakai kunci ring (gambar atas). Putar perlahan sambil tetesi oli.Trik lain dengan memakai baut yang lebih besar 1 tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang aslinya ukuran 11 mm jadi 12 mm. Kalau ini harus dilakukan di bengkel, karena harus memakai bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir baru dengan alat pembuat ulir (hand tap) (gambar bawah kiri). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli.

Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada 2 cara nih bro. Pertama memakai recoil thread, ini adalah lilitan ulir di bagian luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak.

Pengerjaannya praktis meski alatnya tak banyak bengkel yang punya. “Berguna saat pas balap, kalau ada masalah baut slek bisa dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat Tangerang Selatan.

Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi seperti aslinya. Yaitu, menutup lubang lama dengan teknik pengelasan babet, selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir baru dengan ukuran yang sama dengan ulir lama.

So Masih galau kalau baut kendaran anda dol?? terapkan trik diatas hhe


Aksi

Information

7 responses

28 05 2013
16 06 2013
Trisna Ariwibawa

jozzz… :mrgreen:

28 05 2013
dewa

cara2 perbaikan yg tepat,pencegahan lebih baik,torqi pengencangan yg tepat,jangan buka atau pasang saat suhu panas,ndak ada kunci momen,cukup dirasa tenaga waktu membuka sama dgn tenaga waktu mengencangkan,tapi;keseringan buka pasang juga bisa,trims infonya.

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

mantap…:mrgreen:

3 06 2013
16 06 2013
Trisna Ariwibawa

jozz… :mrgreen:

9 09 2013
gigih

beli recoil dimana ya om……….. kalau bisa yang online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: