Vespa Super 1973, Jadi 4-Tak!

5 04 2013

20120813_jadi4tak_1 Hai bro… gak bosen ngomongin ke kreativitasan seseorang nih apalagi dengan ide uniknya.. kalau kemaren ada orang yang mengubah Jupie MX jadi 2stroke kini ada orang yang mengubah Mesin 2 stroke menjadi 4 stroke seperti salah satu pengendara roda dua satu ini…

20120813_jadi4tak_2

Dikutip dari motor plus :

Dadang Darmawan punya mimpi. Mengendarai Vespa keliling kota Bandung tanpa asap, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Kebetulan di rumahnya ada Vespa Super keluaran 1973 yang tentunya masih mengusung tipe 2-tak. AKhirnya dimodif.“Kecintaan saya terhadap Vespa dan mimpi punya Vespa 4-tak mendorong modifikasi sendiri,” terang bro beken dipanggil Dadang Exel yang punya bengkel Dang Exel di Jl. Cibaduyut Sukamenak No. 116 (Curug Dogdog), Bandung.

Mengubah siklus 2-tak jadi 4 tak, Dadang menggabungkan mesin Vespa Super dengan Yamaha Mio. Komponen utama Mio yang digunakan head satu set dengan klep in-ex serta noken as, blok silinder dan piston diameter 50 mm.“Untuk menggabungkan 1 set blok silinder Mio harus bikin dudukan yang terdapat di crankcase Vespa, terbuat dari bahan babet yang dicetak mengikuti bentuk silinder Mio, lewat las babet dan argon,” papar Dadang. Crankcase Vespa dan blok silinder Mio, diikat menggunakan baut silinder Honda CB.

Pen piston Mio ukuran 15 mm, kebetulan sama dengan pen kepunyaan Vespa Super, sehingga setang piston masih aplikasi Vespa. Kruk as penggerak setang seher dan piston dari TMA (Titik Mati Atas) dan TMB (Titik Mati Bawah), juga masih bawaan motor.Kruk as yang tadinya tidak terdapat gigi sentrik untuk rantai keteng, sekarang dipasang gigi sentrik kepunyaan Honda Grand di sebelah kiri kruk as setelah bering. Pemasangan gigi sentrik ini, tinggal dipres seperti pemasangan biasa. Menggunakan sentrik dari Honda Grand. Gigi sentrik Grand ada 14 mata. Rantai ketengnya dari Grand yang bermata 90.

Sekarang sudah jadi 4-tak dan terdapat klep serta noken as, harus ada pelumasan di kepala silinder. Oli ditransfer oleh pompa pelumas Mio yang terdapat di dalam bak oli yang ikut berputar bersama girbox.Dudukan pompa oli sudah dibikin pakai bahan babet. Jalur naik dan turun oli dibikin manual, di kanan-kiri crankcase. “Walau mesin langsam girbox tetap berputar sehingga pompa oli pun ikut berputar,” jelas punggawa Vespa Antique Club (VAC) Bandung ini.Pendingin oli aplikasi radiator kepunyaan Vario. Untuk menaikkan oli, doi pakai pompa oli Honda Grand yang diputarkan oleh baut pengikat gigi centrik rantai keteng. Dudukannya terbuat dari bahan corcoran.

Memang sebuah ke kreativitasan memiliki harga yang tinggi…. Ada yang mau??


Aksi

Information

12 responses

5 04 2013
orong-orong

orang indonesia emg jago kalau kayak gini, coba orang2 gini dikumpulin dan didanai pemerintah untuk proyek sepeda motor nasional bisa ceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees nich negara, masak cuma jadi konsumen doank.

7 04 2013
Trisna Ariwibawa

harusnya tuh… hehe :mrgreen:

5 04 2013
mottobiker

bahkan dengan hanya 1 orang aja bisa merubah 2 tak menjadi 4 tak,, edaan,,

http://mottobiker.wordpress.com/2013/04/03/miniatur-motor-buatan-seniman-jogjaa/

7 04 2013
Trisna Ariwibawa

harga untuk sebuah ke kreatifitas an seseorang :mrgreen:

5 04 2013
7 04 2013
Trisna Ariwibawa

jozzzz.. :mrgreen:

7 05 2013
eddie sayyidina

Gak disebutin estimasi biaya nya gan ,ane pengen juga tuh bikin bgtu

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

belum disebutin gan.. :mrgreen:

1 06 2013
araidomore

Pemerintah mana mau susah, mending tinggal kasih lahan duit ngalir….

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

wkwkw :mrgreen:

4 08 2013
andik

bikin bangga satu sisi lihat orang kita pinter2,..
tp trenyuh klo pemerintah nya gak mau tahu!!!

3 09 2013
abdiel egenk

kira2 brpa tu fulus’a gan???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: