Frame slider & engine guard

13 12 2012

Frame slider dan engine guard adalah parts di motor untuk meminimalisir kontak bodi motor dengan aspal, walau bentuk dan habitatnya berbeda mereka memiliki fungsi yang sama yaitu melindunggi bodi motor saat jatuh aka ndlosooorrr… amit amit dah kalo ampe nyium aspal

mari kita kupas satu perstu parts tersebut :

Frame slider

https://i1.wp.com/img10.imageshack.us/img10/5510/19012010098.jpg
Frame sliders  fungsi utamanya untuk melindungi rangka dalam kecelakaan… biasanya ditempatkan pada titik2x terkuat rangka adaikata motor terjatuh beban “impact”nya biar menyebar dan terdistribusi, menghindari rangka penyok di satu tempat…

Umumnya motor sport rangkanya udah dilengkapi lobang2x untuk penempatan sliders ini (tapi nggak semua) Cara pasanganya tergantung pabrikan slidernya, ada yang sistem tempel (adhesive atau double tape) bukan dibaut, ada yang harus membolongi fairing, dan khusus untuk yang bro tanyain (merek shogun) dia aplikasinya dgn no cut alias nggak pake potong fairing, itu karena design slidernya dibikin sedikit offset dari tengah sehingga bisa nyelip antara lobang angin fairing dengan tetap dibaut ke frame…

Engine guard

Memiliki nama engine guard, Artinya yang dijaga itu sebenarnya mesin dan si motornya secara umum, bukan pelindung untuk si pengendaranya. Di motor-motor besar, engine guard digunakan untuk menahan, jika motor rubuh. Di motor kepolisian, fungsinya bertambah lagi untuk  menaruh toa, sirene dan juga lampu patroli. Bagaimana di motor touring? ya, di motor touring seringkali juga digunakan untuk meletakkan dan mengubah posisi kaki. Nah, fungsinya meluas kan…Ada kiat untuk membuat desain engine guard yang baik? Mengingat fungsinya meluas juga untuk melindungi kaki si pengendara agar tidak terjepit motor saat motor rubuh (ingat, rubuh atau jatuh pada kecepatan rendah!).  Kriteria yang baik  adalah ujung yang membundar seperti  ) dan juga kecil diujungnya, tidaklah lebar seperti beberapa desain yang ada di pasaran motor tanah air. Desain ini safe dibandingkan dengan yang model ] yang di tanah air dibuat besar dan memanjang dari dekat tanki hingga ke bawah. Kenapa berbahaya? bayangkan kalau kaki si pengendara malah tertimpa engine guard yang modelnya memanjang seperti ini! Kaki berisiko terjepit lebih besar, malah kalau terjatuh dan motor terseret, kalau kaki tertimpadan terjepit engine guard model begini, bisa-bisa engine guard mengamputasi kaki si pengendara! Jadi kalau mau pasang engine guard, perhatikanlah desainnya, yakni yang sisi vertikalnya seminim mungkin.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: