Sistem Cara Kerja Mesin Motor 2 Tak…

2 05 2013

mesin-2-takHai bro… Iseng-iseng bahas motor mesin 2 Tak aka 2 Stroke yuk..

2tak1. Langkah Isap dan Kompresi

Piston bergerak ke atas. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara, akibatnya udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi terbakar dan meledak.

2. Langkah Usaha dan Buang

Hasil dari pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot.

Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena adanya reed valve.

Penjelasan Lebih Detail
Jika mesin 4 tak memerlukan 2 putaran crankshaft dalam satu siklus kerjanya, maka untuk mesin 2-tak hanya memerlukan satu putaran saja. Hal ini berarti dalam satu siklus kerja 2 tak hanya terdiri dari 1 kali gerakan naik dan 1 gerakan turun dari piston saja. Desain dari ruang bakar mesin 2 tak memungkinkan terjadunya hal semacam itu. Ketika piston naik menuju TMA untuk melakukan kompresi maka katup hisap terbuka ( lihat gambar di bawah) dan masuklah campuran bahan bakar dan udara, sehingga dalam satu gerakan piston dari TMB ke TMA menjalankan dua langkah sekaligus yaitu kompresi dan isap. Pada saat sesaat sebelum piston mencapai TMA maka busi menyala, gas campuran meledak dan memaksa piston kembali bergerak ke bawah menuju TMB. Gerakan piston yang ini disebut langkah ekspansi. Namun sembari piston melakukan langkah ekspansi atau usaha, sesungguhnya juga melakukan langkah buang melalui katup buang (sisi kanan dinding silinder pada gambar) . Hal ini bisa terjadi karena gas hasil pembakaran terdorong keluar akibat campuran bahan bakar dan udara baru yang juga masuk dari sisi kiri dinding silinder. Supaya jelasnya liat sendiri aja gambar animasi di atas itu.
Jadi kenapa motor dengan mesin 2 tak harus memakai oli pelumas samping selain pelumas mesin sudah jelas, karena model kerja yang seperti itu membuat tenaga yang dihasilkan lebih besar. Perbandingannya pada mesin 4 tak dalam 2 kali putaran crankcase = 1 x kerja sedangkan untuk 2 tak 2 kali putaran crankcase = 2 x kerja. Untuk itu dibutuhkan pelumas yang lebih karena putaran yang dihasilkan lebih cepat. Hal itu juga menjawab kenapa mesin 2 tak lebih berisik ,boros bahan bakar, menghasilkan asap putih dari knalpotnya tetapi unggul dalam kecepatan dibandingkan mesin 4 tak. Istilahnya “No Engine is Perfect !” Perbedaan yang lain juga terdapat pada bentuk fisik pistonnya. Piston 2 tak lebih panjang dibanding piston 4 tak. Selain itu bentuk piston head nya juga lain, piston 2 tak memiliki semacam kubah untuk memuluskan gas buang untuk bisa keluar sedangkan 4 tak tidak. Piston 2 tak juga memiliki slot lubang yang berhubungan dengan reed valve yang berhubungan dengan cara kerja masukan campuran bahan bakar – udara ke ruang bakar.
Seher
About these ads

Aksi

Information

21 responses

2 05 2013
orong-orong

treeeeeen treeeng treeeeeeeeeeng

http://sarikurnia980.wordpress.com/

2 05 2013
Mas Sayur

weleh..asepnya,bro…bikin batuk… :mrgreen:

2 05 2013
orong-orong

nyang penting kenceng gan

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

awas ndlosor… hhe :mrgreen:

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

pake masker bro.. hhe :mrgreen:

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

begitu khas suaranya… :mrgreen:

2 05 2013
rusmanjay

kalau asap motor 2 tak bikin pedih di mata kenapa ya?

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

karena tercampur dng oli.. wkwk :mrgreen:

2 05 2013
Adi

Jadi inget pelajaran otomotif dasar…
Hehehe….

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

di pel fisika bab thermodinamika ada tuh… hhe :mrgreen:

2 05 2013
dewa

karena bahan bakar terkontaminasi pelumas mesin oktan akan turun,ndak bisa kompresi tinggi seperti 4tak,jadi ndak efisien,kelebihan tenaga karena tiap 360′(seputaran) terjadi 1kali tenaga di4tak perlu 720l'(2putaran).tenaga yg dihasilkan sekitar 30-60persen lebih bertenaga dari 2X lipat pembakaran dibanding 4tak belum oli mesinnya.

3 05 2013
Trisna Ariwibawa

jozzz…. :mrgreen:

5 05 2013
16 06 2013
Trisna Ariwibawa

teng teng… :mrgreen:

11 05 2013
ahapzhu

mantap gan thank infonya jadi tau gw

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

:mrgreen: :mrgreen:

12 05 2013
ipanase

teng2222

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

treng222 :mrgreen:

14 05 2013
Cara kerja Mesin 4 Stroke… | T-rexton Motorcycle Blog

[…] Bro… kalau kemarin-kemarin bahas mesin 2 Stroke kali ini saya akan membahas tentang engine 4 stroke, 4 Stroke engine adalah sebuah mesin dimana […]

16 06 2013
Trisna Ariwibawa

:mrgreen: :mrgreen:

18 07 2014
wilson udi

asepnya sadis ngebul banget gan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 539 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: